Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Ajak Anak-anak RPTRA Matahari Bermain Permainan Tradisional

Minggu, 26 Februari 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 332 Kali

Sabtu, 18 Februari 2023, TGR Community bertandang di RPTRA Matahari dengan membawa beberapa permainan tradisional untuk dimainkan bersama anak-anak di sana. RPTRA Matahari tepatnya berlokasi di Jalan Rawasari Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Kegiatan ini diikuti oleh 4 orang perwakilan TGR Community dan kurang lebih sebanyak 50 orang peserta, baik anak-anak maupun orang dewasa.

permainan jejak

balap karung

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Kegiatan berlangsung pada pukul 15.00 WIB yang diawali dengan berkumpul bersama tim TGR Community dan para peserta. Kemudian dilanjutkan dengan ice breaking pembagian kelompok, bermain cingciripit, lalu ampar-ampar pisang. Setelah puas bermain, para pengunjung dan anak-anak kemudian diberi kebebasan untuk bermain semua permainan yang telah disediakan oleh tim TGR. Meskipun kegiatan berlangsung sore hari, tapi anak-anak dan pengunjung tetap terlihat antusias bermain.

Beberapa permainan yang dibawa Tim TGR adalah congklak, dampu, permainan jejak, gasing, karet, ular naga, telepon kaleng, balap karung, dan egrang batok. Selain itu, TGR juga mengenalkan permainan ular tangga raksasa yang bertema “Sehat dan Keren Tanpa Rokok” dengan tujuan untuk memberikan edukasi terkait bahaya rokok kepada anak-anak.

lompat tangan

ular tangga

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Dari sekian banyak permainan, anak-anak terlihat sangat antusias saat memainkan permainan karet. Oleh karena itu, tim TGR berinisiatif membuat banyak ragam dalam bermain karet dengan tujuan agar suasana semakin meriah. Anak-anak diajak untuk bermain lompat karet yang cara bermainnya harus melompati karet tersebut mulai dari setinggi mata kaki hingga sesuai dengan tinggi badan mereka. 

 

lompat tali

gasing bambu

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Setelah itu, mereka bermain dengan cara melewati kolong karet tanpa menyentuh karet tersebut mulai dari setinggi badan mereka hingga setinggi lutut. Nah, serunya kali ini anak-anak meminta Tim TGR untuk diajak bermain satu permainan tradisional yaitu tarik tambang. Permainan tarik tambang tersebut diikuti oleh sekitar 8 kelompok dengan masing-masing berjumlah 4-5 orang anggota. Permainan tarik tambang ini sebagai penutup keseruan acara bermain bersama di RPTRA Matahari. 

Kegiatan bermain permainan tradisional, selain sebagai wadah untuk melestarikan permainan tersebut, kegiatan ini juga sangat bermanfaat terutama untuk anak-anak. Dengan permainan tradisional, mereka dapat bermain sekaligus belajar dan melatih kemampuan motorik. Selain itu, mereka juga dapat melatih kemampuan bersosialisasi dengan dunia luar yang tentunya akan sangat berguna bagi mereka di masa yang akan datang. 

 

gatrik atau benthik

egrang batok

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Tidak hanya untuk anak-anak, permainan tradisional juga tetap bisa lho dimainkan oleh orang dewasa. Selain untuk bernostalgia, bermain permainan tradisional tentu saja bisa membantu meredakan stres karena pekerjaan sehari-hari. Menarik kan? Nah, dengan kegiatan ini, TGR Community ingin mengajak kamu untuk membumikan kembali permainan tradisional dengan memainkannya dan mengajak anak-anak di sekitarmu bermain juga. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main Di Luar! (SAL/ed.SEP)

Komentari Tulisan