Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Keseruan Bermain Permainan Tradisional di SMPITAL Festival 5 SMPIT Al-Husnayain

Sabtu, 25 Februari 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 293 Kali

Halo Sobat TGR! Siapa yang kangen sama TGR bermain bersama anak-anak, tunjuk tangan! Nah, kemarin di hari Sabtu, 25 Februari 2023, Tim TGR mendapat kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam acara SMPITAL Festival 5 Generasi Milenial Berbudaya di SMPIT Al Husnayain, loh. Acara tersebut merupakan acara tahunan yang rutin digelar oleh SMPIT ini. Pengunjungnya pun tidak terbatas dari sekolah tersebut saja, tetapi ada yang berasal dari sekolah lain. Salah satu guru penyelenggara kegiatan ini menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan budaya Indonesia apalagi di era gempuran budaya luar yang memengaruhi anak-anak. Di sini, Tim TGR diundang untuk memperkenalkan permainan tradisional Indonesia.

Tahu tidak Sobat, kalau pada hari kegiatan berlangsung sempat terjadi hujan. Akan tetapi untungnya, ketika acara hendak dimulai, hujan reda dan cuaca selama acara berlangsung cerah. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Acara diisi dengan adanya penampilan tari tradisional seperti Tari Saman dan juga fashion show baju tradisional Indonesia. Banyak juga stand yang didirikan oleh beberapa kelas dari SMP tersebut yang menjual makanan tradisional Indonesia. Selain stand tersebut, ada juga nih stand dari TGR yang menjual beberapa permainan tradisional Indonesia. Di sekitar stand TGR, ada area bermain yang dapat dimainkan oleh anak-anak, loh.

(Dokumentasi TGR, 2023)

(Dokumentasi SMPIT Al Husnayain, 2023)

Selama acara berlangsung, banyak anak dan juga orangtua yang mengunjungi stand TGR untuk membeli permainan yang dijual seperti yoyo, lato-lato, gasing, dan lainnya. Saking semangatnya anak-anak pada permainan tradisional, mainan yang baru saja mereka beli langsung mereka mainkan saat itu juga. Tidak hanya dari permainan yang dibeli, anak-anak juga sangat bersemangat dalam bermain di arena permainan yang disediakan. Permainan yang ada di area permainan di antaranya adalah gasing, congklak, lari balok, telepon kaleng, hulahop, dampu bulan, dan ular tangga.   

(Dokumentasi TGR, 2023)  

Gasing dan congklak merupakan dua permainan yang paling banyak dimainkan pada saat acara kemarin. Mulai dari anak laki-laki hingga perempuan mencoba permainan tersebut. Tidak sedikit dari mereka yang telah mengetahui cara bermain gasing, sehingga tidak mengherankan jika mereka saling menjelaskan cara bermain gasing ke teman mereka yang belum mamahami cara bermain gasing dengan benar. Orangtua anak-anak juga tidak luput dalam memainkan permainan tradisional tersebut. Selain untuk menemani dan memperkenalkan permainan tersebut kepada anaknya, mereka juga ikut bernostalgia dengan permainan tersebut.

(Dokumentasi TGR, 2023)

Ada hal lucu yang terjadi kemarin, loh Sobat. Ternyata masih banyak anak-anak yang salah sangka terhadap permainan lari batok. Mereka mengira kalau permainan itu merupakan salah satu permainan telepon kaleng yang bisa dimainkan. Terdapat anak yang sempat memainkannya dan kebingungan “Kok gak ada suara yang keluar, ya?” hingga ketika kami, Tim TGR, melihat itu dan memberitahu bahwa mainan itu untuk lari batok. Kesalahpahaman ini terjadi barangkali karena bentuk mainan dari kedua permainan tradisional tersebut sekilas memang cukup mirip.

Acara SMPITAL Festival 5 Generasi Milenial Berbudaya ini berlangsung hingga pukul 11.00 WIB. Bahkan hingga akhir, keseruan dan keceriaan masih memenuhi acara tersebut. Saking serunya, anak-anak masih saja ada yang tetap bermain ketika acara sudah berakhir. Nah, kira-kira begitu keseruan yang terjadi di acara SMPITFes kemarin. Siapa, nih, yang setia menunggu keseruan lain dari tim TGR saat bermain sama anak-anak? Tunggu keseruan berikutnya, ya Sobat TGR. Lupakan Gadget-mu, Ayo Main di Luar! (ACN/ed.AZZ)

Komentari Tulisan