Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Keseruan Team TGR Bersama RPTRA Haji Lele

Senin, 06 Maret 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 506 Kali

Jakarta, 25 Februari 2023 - Halo, Sobat TGR! Team TGR Community baru saja melakukan kolaborasi sekaligus keseruan bersama di RPTRA Haji Lele yang terletak di daerah Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan loh!

 

Pagi itu, ditemani cuaca yang sedikit mendung, tetapi beruntungnya tidak turun hujan, suara antusias dari para orang tua dan adik-adik terdengar. Adik-adik yang berjumlah 15 (lima belas orang) menambah kesan ramai suasana di hari itu.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Sejak pukul 07.30 pagi, Team TGR sudah sampai di lokasi acara untuk bersiap. Selain menyiapkan permainan yang akan dimainkan pada hari itu, team TGR juga berkoordinasi dengan pengelola RPTRA perihal teknis acara. Masing-masing Activity Instructor pun juga diminta untuk bersiap menjelaskan permainan yang akan dimainkan di tiap RPTRA nantinya.

 

RPTRA atau Ruang Publik Terpadu Ramah Anak yang ada di kawasan Srengseng Sawah sendiri memiliki tempat lain selain RPTRA Haji Lele yang terdiri atas; RPTRA Shibi, RPTRA Tiga Pesona, RPTRA Betawi Ngumpul, dan RPTRA Muawanah. 

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Setelah semua persiapan selesai, acara pun dimulai pada pukul 08.00 WIB. Acara pada hari itu dihadiri sekaligus disaksikan oleh Pak Camat, Bu Camat, tim pengelola RPTRA, para reporter sekaligus Activity Instructor, dan anak-anak yang akan memainkan permainan tradisional yang ada lewat aplikasi virtual zoom.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Ragam permainan tradisional pun secara bergantian dijelaskan melalui live report oleh masing-masing reporter sekaligus Activity Instructor. Tiap RPTRA memiliki durasi waktu maksimal 3 menit untuk memberikan penjelasan perihal permainan tradisional yang ada secara bergantian.

    

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Kak Lathifa selaku reporter kegiatan di RPTRA Haji Lele memiliki peran untuk menjelaskan permainan Domikado. Penjelasan permainan tersebut memuat informasi terkait cara bermain dan asal usul sekaligus asal daerah dari permainan Domikado itu sendiri.

 

Selain permainan Domikado, ada permainan tradisional lain yang tidak kalah seru seperti; Dampu Bulan atau Engklek di RPTRA Tiga Pesona, Ular Tangga di RPTRA Shibi, dan Lompat Tali Karet di RPTRA Muawanah, dan Ular Naga di RPTRA Betawi Ngumpul.

   

(Dokumentasi TGR Community, 2023) 


Setelah ulasan mengenai permainan tradisional selesai, acara pun berakhir pada pukul 10.00 WIB. Baik Tim TGR, Tim pengelola RPTRA, Pak Camat, Bu Camat, dan adik-adik merasakan keseruan serta kegembiraan yang tiada tara pada hari itu. 

 

Lewat acara tersebut lah, pelestarian permainan tradisional berhasil dilaksanakan. Maka dari itu, mari lebih sering bermain permainan tradisional guna merealisasikannya. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (PAZ/ed.AAA)

#permainantradisional #domikado #dampubulan #serunyapermainantradisional
Komentari Tulisan