Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Belajar dan Bermain Bersama di Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat

Minggu, 30 Juli 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 453 Kali

Ciputat, 29 Juli 2023 - Halo Sobat TGR! Di hari Sabtu yang cerah kemarin, Team TGR bersama dengan Voluntrip KitaBisa menyelenggarakan kegiatan yang seru lho! Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 12.00 sampai dengan 17.00 WIB dan bertempat di Taman Bacaan Masyarakat Kolong daerah Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten. Tim TGR yang berjumlah tujuh orang ditemani dengan voluntrip KitaBisa sebanyak 20 orang mengisi kegiatan hari itu dengan penuh kegembiraan dan sukacita bersama dengan adik-adik yang berjumlah sekitar 60 orang.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Banyak permainan tradisional yang dimainkan pada hari itu yang terdiri atas ular tangga, dampu bulan, damdas, congklak, gasing, tapak jejak, lompat karet, dan masih banyak permainan tradisional lainnya. Tidak hanya itu, adik-adik juga diajak untuk mengikuti kuis berhadiah. Dari kuis tersebut, adik-adik yang berhasil menjawab pertanyaan seputar permainan tradisional, lagu-lagu nasional, dan lagu daerah mendapat hadiah berupa congklak. 

Selain kuis berhadiah, acara juga diisi dengan kegiatan menggambar dan membuat telepon kaleng yang nantinya dapat dimainkan bersama-sama. Dari kegiatan menggambar tersebut, adik-adik yang hadir mampu mengekspresikan diri dengan menggambar dan menghasilkan karya-karya yang sangat kreatif.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Kak Fida, selaku salah satu Activity Instructor yang hadir pada hari itu mengatakan, hal yang paling berkesan dari acara di Taman Bacaan Masyarakat Kolong sendiri ialah ketika kegiatan kuis berhadiah berlangsung. Sebab, ternyata banyak sekali adik-adik yang masih hafal dan mampu menyanyikan lagu wajib nasional maupun daerah, terlepas dari maraknya lagu-lagu populer yang tengah berkembang pesat di zaman sekarang ini. Kak Fida juga menambahkan bahwa ia sangat bangga dengan adik-adik yang masih turut melestarikan lagu wajib nasional dan lagu daerah. 

  

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Kegembiraan pada kegiatan hari itu diakhiri dengan sesi foto bersama sebelum dilanjutkan dengan kembali bermain dan mencoba berbagai permainan tradisional. Adik-adik yang nampak senang dan riang gembira menambah suasana bahagia yang berlangsung dari awal hingga akhir acara. Tidak hanya adik-adik, tim TGR dan teman-teman Voluntrip KitaBisa yang hadir pada kegiatan hari itu saja yang dapat melestarikan permainan tradisional. Kita semua juga bisa turut melestarikan permainan dengan Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (PAZ/ed.SF)

Jika Sobat TGR ingin berkolaborasi dengan TGR untuk melestarikan permainan tradisional bersama, caranya cukup mengisi formulir ini.

Tgr Event Kitabisa.com Taman Bacaan Ciputat
Komentari Tulisan