Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Keseruan Bermain dan Berbagi Bareng Adik-adik Yayasan KDM

Senin, 28 Agustus 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 332 Kali

Halo Sobat TGR,

Ada yang penasaran gak kita minggu ini seru-seruan di mana lagi, hayo? Nah, kali ini tim TGR bersama Voluntrip Kitabisa mengadakan kegiatan berbagi dan bermain di Yayasan KDM (Kampus Diakoneia Modern). Acara ini berlangsung pada Sabtu, 26 Agustus 2023, mulai pukul 09.00 WIB dengan dihadiri sebanyak kurang lebih 40 orang anak dari kelompok toddler (TK dan PAUD) hingga SMA.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Selesai perkenalan, acara dilanjut dengan ice breaking berupa permainan Ampar-ampar Pisang dan Cingciripit. Adik-adik yang berusia SD hingga SMA dibagi menjadi beberapa kelompok untuk selanjutnya mereka akan bermain permainan tradisional. Tak ketinggalan juga nih, tiap kelompok diminta membuat yel-yel untuk ditampilkan di depan teman-temannya yang lain.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Acara berlanjut dengan pembagian area permainan, yaitu toddler bermain di area pendopo dan anak-anak SD-SMA di area lapangan. Tim toddler bermain permainan Ular Tangga, Dampu Bulan, Permainan Jejak, dan Gasing. Semua adik-adik tim toddler antusias dan merasakan keseruan dari bermain permainan-permainan yang ada. Moses, yang berusia 7 tahun, sudah jago dalam memainkan permainan gasing. Bahkan dia juga semangat sekali mengajarkan cara bermain gasing ke teman-temannya yang lain.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Sedangakan tim SD-SMA melakukan perlombaan permainan tradisional seperti memasukan paku ke dalam botol, Enggrang Batok, Bakiyak, Balap Karung, dan Estafet Bola dengan bambu. Tiap kelompok akan bermain dalam tiap perlombaan untuk menentukan juaranya. Sebelum perlombaan dimulai, tim TGR memberikan penjelasan cara bermain tiap jenis lomba kepada adik-adik dan juga kakak pendampingnya. Perlombaan berlangsung seru dan meriah meskipun cuaca kala itu sedang terik-teriknya.

 (Dokumentasi TGR Community, 2023)

Acara berlangsung hingga sekitar pukul 12.30 WIB. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa set permainan tradisional. Tim toddler pun tak ketinggalan mendapat hadiah setelah diberi kuis oleh kak Mega dari Tim TGR. Kemudian, acara dilanjut dengan penyerahan kenang-kenangan ke Yayasan KDM, pembagian snack, berfoto bersama, dan ditutup dengan makan siang bersama.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Fun fact buat Sobat TGR nih, ternyata di tahun 2019 tim TGR pernah berkunjung ke Yayasan KDM untuk bermain bareng anak-anak. Kak Budhi, selaku pengurus Yayasan KDM, merasakan keseruan dari acara kemarin. Tim TGR dan Voluntripnya juga bisa langsung berbaur dengan adik-adiknya.

Selain itu, Kak Budhi juga merasakan kalau adik-adik pun enjoy selama acara berlangsung. Kak Budhi juga berpesan kepada adik-adik “nikmati masa-masa kecil dan remaja kalian karena masa-masa tersebut tidak akan pernah terulang kembali. Kembangkan pula potensi kalian karena itu yang akan membantu kalian di masa mendatang”.

Nah, kira-kira begitu keseruan yang terjadi di acara kemarin. Siapa nih yang nunggu keseruan lain lagi dari tim TGR bareng anak-anak? Tunggu keseruan berikutnya ya Sobat TGR. Lupakan Gadget-mu, Ayo Main di Luar! (ACN/ed.SEP)

Komentari Tulisan