Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Tren Tiktok Masa Kini Untuk Anak Di Bawah Umur, Loh Gak Bahaya Tah?

Kamis, 09 Nopember 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 332 Kali

Halo, Sobat TGR!

Gimana kabarnya, nih? Mimin doakan semoga kita semua sehat dan bahagia selalu, ya! By the way, mimin mau ngingetin kalian kalau TGR punya media sosial yang lengkap loh. Jangan lupa follow semua akun media sosial TGR biar gak ketinggalan info terkini seputar permainan tradisional, parenting, kegiatan TGR dan lain sebagainya.

Eits, berbicara soal sosmed, kalian merasa ada keresahan gak sih? apalagi soal tren yang banyak beredar di berbagai media sosial sekarang terutama yang beredar di platform TikTok. Sering kali di TikTok beredar video-video yang tidak pantas ditonton dan dilihat terutama oleh anak di bawah umur, tidak sedikit juga tren TikTok yang dapat merusak moral dan perilaku anak-anak yang melihat tayangan tersebut. Anak di bawah umur merupakan masa-masa peniru yang handal, tidak jarang mereka mengikuti apa yang mereka lihat karena pada dasarnya kebanyakan anak-anak di bawah umur belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

(Sumber gambar: Popmama.com)

Sangat disayangkan, TikTok memiliki pengaruh buruk bagi anak-anak jika digunakan secara berlebihan, diantaranya dapat menghambat proses tumbuh kembang anak serta kurangnya kemampuan bersosialisasi terhadap lingkungan sekitarnya. Apabila anak dibiarkan menikmati TikTok tanpa pengawasan, dikhawatirkan pula banyak tayangan tidak pantas yang muncul pada beranda aplikasi TikTok.

Masalah lain yang timbul adalah banyaknya oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan penindasan melalui media sosial pada anak di bawah umur. Dengan kemudahan fitur komentar pada konten video TikTok, mudah sekali seseorang melakukan penghinaan fisik, menghasut, dll. Penindasan melalui media sosial dapat mengganggu kesehatan mental dan psikologis anak loh. Tak jarang mereka akan mengalami stres berlebih, rasa takut yang berlebihan, hingga rasa cemas yang tak kunjung hilang.

Nah, Sobat TGR, maka dari itu penting banget peran orang tua dalam mengingatkan anak akan pentingnya sosialisasi terhadap dunia sekitar serta perhatian orang tua terhadap tumbuh kembang anaknya. Orang tua diharapkan dapat mengajarkan mereka agar dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk, maka dengan hal tersebut diharapkan dapat memperkecil peluang mereka untuk mencontoh hal-hal yang tidak terpuji baik dari media sosial maupun dunia nyata.

Traditional Games Returns Campaign

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (KUN/ed.RK)

 

Komentari Tulisan