Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Fun Mission Game Bersama Panti Asuhan Karena Doa, Mengasah Kreativitas dan Kebersamaan

Senin, 12 Februari 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 94 Kali

Depok, 10 Februari 2024 - Pada hari sabtu kemarin, tim TGR kembali mengadakan event berkolaborasi dengan Voluntrip KitaBisa dan Gerakan Suka Baca. Acara yang diselenggarakan oleh Tim TGR kali ini adalah Fun Mission Bermain Games bersama adik-adik binaan dari Panti Asuhan Karena Doa yang terletak di daerah Depok, Jawa Barat. Pada acara kali ini, Tim TGR bersama Voluntrip KitaBisa dan Gerakan Suka Baca akan bermain bersama adik binaan panti dengan bermacam permainan yang seru. Akan tetapi, permainan yang disediakan oleh Tim TGR berbeda dari biasanya, lho! Kira-kira apa saja ya yang dimainkan? Mari kita simak bersama!

   

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Seperti biasa, acara ini dibuka oleh Kak Nina selaku pemandu acara. Kak Nina melakukan ice breaking terlebih dahulu bersama adik-adik binaan lalu membagi mereka ke dalam lima kelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 5-6 adik binaan, didampingi oleh 2-3 mentor dari Tim Voluntrip KitaBisa, dan satu orang dari Tim TGR. Setelah selesai, adik-adik mulai melakukan fun mission.

Misi pertama yang dilakukan adalah mencari dan menyusun puzzle. Selama 40 menit, mereka harus mencari kepingan puzzle yang disembunyikan dengan menjawab kuis yang diberikan oleh Tim TGR, baru kemudian menyusun kepingan puzzle tersebut. Bagi adik-adik yang telah menyelesaikan puzzle, selanjutnya mereka diberikan buku bacaan mengenai tokoh pahlawan sesuai dengan gambar pada puzzle yang telah mereka susun.

   

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Setelah membaca buku, misi selanjutnya adik-adik harus melengkapi lembar kerja yang telah disediakan tim. Isi lembar kerja tersebut mengenai biografi singkat dari tokoh yang ada dalam buku tersebut. Kegiatan berlanjut dengan mempresentasikan hasil lembar kerja yang telah mereka lengkapi. Setelah selesai, fun mission berakhir yang kemudian dilanjutkan dengan sesi bermain bersama.

Sesi bermain kali ini terdiri atas lima pos yang masing-masing terdapat satu permainan. Setiap kelompok harus mengunjungi pos-pos tersebut selama 10 menit. Permainan tersebut di antaranya ada permainan telepathy move di Pos 1, cara bermainnya adalah dengan menyebutkan suatu kata, kemudian dalam hitungan ketiga mereka harus menirukan gaya dari kata tersebut. Jika gaya mereka sama, maka akan mendapatkan tambahan poin.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Selanjutnya ada permainan stacking blocks di Pos 2 yang cara bermainnya adalah para anggota kelompok akan melakukan tiga jenis tantangan, yaitu tetra tower, stacking blocks, dan menara susun. Permainan ketiga adalah estafet sarung dan ring di Pos 3, cara bermainnya mirip ketika bermain estafet, tetapi menggunakan sarung dan ring. Ring yang didapat langsung dilempar ke dalam cone yang tersedia kemudian diulangi hingga waktu habis.

Permainan keempat adalah UNO stacko di Pos 4, cara bermainnya yaitu dengan menyusun balok sedemikian rupa, lalu diambil balok satu per satu di bagian tengah atau bawah dan diletakkan di bagian paling atas. Syaratnya, balok tersebut harus sesuai dengan warna atau angka yang diambil pemain sebelumnya. Permainan terakhir adalah keprayan di Pos 5, cara bermainnya adalah menggunakan bilah tusuk sate. Bilah-bilah tersebut dilepaskan kemudian diambil satu per satu tanpa menyentuh atau menggerakkan tusuk sate lainnya.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Sesi bermain ini, setiap kelompok harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan yang memiliki poin terbanyak akan menduduki juara pertama. Pada akhir sesi, kelompok yang mendapatkan juara pertama adalah kelompok 4 dengan raihan jumlah poin sebanyak 412 poin. Sesi bermain berlangsung sangat seru dan meriah, terlihat dari adik-adik binaan yang sangat antusias, begitupun dari tim TGR dan tim Voluntrip yang turut bersemangat bermain bersama adik-adik binaan.

Salah satu tim TGR yang hadir pada saat itu sebagai fasilitator bermain di Pos 3 yaitu, Kak Nabil. merasa bahwa kegiatan ini sangat berkesan. “Menurut aku, kegiatan kali ini sangat berkesan dan yang paling seru itu pas main estafet sarung dan melempar ring. Itu hal yang baru banget buat aku karena TGR belum pernah ada pos permainan tradisional dengan permainan itu, kan. Jadi, menurut aku itu pengalaman baru, meskipun aku sudah sering ikut di acara TGR tapi ini benar-benar pengalaman baru dengan main permainan baru”. 

 

Setelah sesi bermain selesai, dilanjutkan dengan penyerahan donasi kepada adik-adik binaan Panti Asuhan Karena Doa berupa sembako, perlengkapan kebersihan, kesehatan, dan permainan tradisional kemudian sesi foto bersama dan diakhiri dengan penutupan acara oleh Kak Nina.

Wah, seru sekali, ya, acara Tim TGR kali ini. Acara kali ini tidak hanya bermain permainan tradisional, tetapi adik-adik binaan juga belajar tentang tokoh pahlawan Indonesia, belajar cara kerja sama dengan tim, belajar berbicara depan umum, sekaligus mengenal budaya Indonesia. Nantikan keseruan Tim TGR lainnya, ya, Sobat! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main Di Luar! (SAL/ed.JY)

Bagi Sobat TGR yang ingin berkolaborasi dengan kami, mulai dari menjadi pengisi acara, tenant, hingga narasumber, boleh banget nih. Cukup klik tautan di sini ya Sobat.

Tgr Event Voluntrip Panti Asuhan Karena Doa Fun Mission Game
Komentari Tulisan