Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Permainan Tradisional Seru dari Pelepah Pisang

Selasa, 26 Maret 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 53 Kali

Halo Sobat TGR! Siapa yang suka makan pisang? Angkat tangannya! Teman-teman pasti banyak yang sering makan pisang dan mungkin sudah pernah melihat pohonnya. Tau ga kalau pohon pisang punya 1001 manfaat? Buah dan jantungnya bisa diolah dan dimakan, daunnya untuk alas makanan pengganti piring, dan ternyata pelepahnya dapat digunakan sebagai pakan ternak sapi. Tapi teman-teman, pelepah pisang juga bisa digunakan untuk membuat kerajianan dan mainan loh! Karena pohon pisang hanya tumbuh sekali saja jadi sayang banget kan kalau pelepahnya dibuang gitu aja? Buat kalian yang di dekat rumahnya ada pohon pisang bisa nih buat beberapa mainan yang murah, mudah dan ramah lingkungan dari pelepah pisang, apa saja sih?

 

 

  • Senapan dan pedang

 
How to make a toy gun from a banana leaf midribHow to make a toy sword from a banana leaf midrib - YouTube

(Dokumentasi Berita Crash, 2021)

 

Permainan dari pelepah pisang yang umum dibuat dari jaman dulu (bisa dibilang mainan jadul kali ya), permainan ini memperagakan pejuang/tentara yang sedang berperang. Dengan penggunakan pelepah/batang daun pisang yang direkatkan menggunakan karet/tali atau bisa melubangi beberapa bagiannya untuk menyatukan per-bagian senjata. 

 

 

  • Kereta

 

(Dokumentasi Rakyat Kecil, 2022)

 

Tut… Tut… Tut… siapa mau naik kereta? Nah, siapa sangka kita dapat membuat kereta mainan dari pelepah pisang. Bahan yang dibutuhkan hanya pelepah/batang daun pisang yang telah dipotong dengan ukuran tertentu dan tusuk gigi/lidi untuk menyambungkan rangkaian gerbong serta rodanya. Tara! sekarang keretanya siap berangkat ke Bandung, Surabaya bolehlah naik dengan percuma, tut tut!

 

 

  • Perahu

How to Make a Boat From a Banana Sheep Easily

(Dokumentasi Berita Crash, 2021)

 

Siapa yang suka bermain perahu-perahuan? Jika juga bisa lho buat perahu dari pelepah pisang, bahan yang kita butuhkan yaitu, pelepah batang pisang melengkung yang sudah kita potong sesuai dengan ukuran perahu yang kita mau. Setelah itu, ambil lidi untuk membuat bendera dari daun pisang dan tancapkan ke badan perahu tadi. Perahu siap berlayar!

 

 

  • Boneka

 

   Meningkatkan Bahasa Ekspresif Anak melalui Media Boneka dari ...Kerajinan Alami: BONEKA LIMBAH PISANG

(a) Boneka Pelepah Pisang Basah, (b) Boneka Pelepah Pisang Kering

(Dokumentasi Siti Mukayah, 2023)

 

Ada dua opsi yang dapat kita digunakan dalam pembuatan boneka yaitu, dari pelepah batang pisang yang kering atau pelepah batang daun pisang yang masih basah. Untuk membuat boneka dengan pelepah kering, kita harus mengeringkan pelepah pisang terlebih dahulu sampai tidak ada kadar airnya lalu rekatkan beberapa lapis dan bentuk menggunakan benang wol, setelah itu kita dapat memberikan manik-manik atau hiasan pada boneka sebagai wajah dan bajunya. Sedangkan untuk boneka dari pelepah yang basah kita hanya perlu memotongnya menjadi beberapa bagian (badan dan kepala) lalu sambungkan menggunakan tusuk gigi/lidi dan berikan hiasan rambut dari daun pisang.

 

 

  • Alat batik

Cap dari Pelepah Pisang (b) Batik Cap Pelepah Pisang

(Dokumentasi Bombastis, 2017)

 


Wah, ternyata pelepah bisa bisa digunakan sebagai alat membatik sobat TGR! Yang kita perlukan hanya kain, tinta/pewarna pakaian dan pelepah batang pisang. Pelepah yang sudah dipotong, dicelupakan (permukaan irisannya) kedalam tinta atau pewarna pakaian, lalu cap-kan ke atas kain dengan tekanan yang cukup sampai motif pelepahnya tercetak, ulangi hal tersebut sesuai keinginanmu. Setelah itu, diamkan kain yang telah dicap tadi hingga mengering, tahap selanjutnya cuci/rebus kain menggunakan air panas, kemudian keringkan lagi hingga kainnya benar-benar kering. Kain batik yang cantik siap untuk digunakan! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (MCH/ed.QE & AW)

 

Sumber:

Damayanti, A., Rahmatunnisa, S., Astari, T., & Rahayani, S. (2022). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Alat Permainan Tradisional dari Pelepah Daun Pisang Siswa Kelas B PAUD Bintang Kartika. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 25. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1470

Permainan Tradisional Permainan Tradisional Sederhana Pelepah Pisang Kreasi Pelepah Pisang
Komentari Tulisan