Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Sambil Menyelam Minum Air, Sambil Bermain Kita Belajar Mengenal Profesi bersama Adik-adik Panti Asuhan Hairun Nissa

Senin, 26 Februari 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 68 Kali

  Jakarta, 26 Februari 2024 — Halo Sobat TGR, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya! Pada kesempatan kali ini, tim TGR berkolaborasi dengan tim Voluntrip by Kitabisa mengadakan kegiatan rutin bersama adik-adik panti asuhan, kali ini Panti Asuhan Hairun Nissa, Manggarai Selatan, Tebet, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh dua puluh orang anak panti asuhan dan tentunya tim TGR dan Voluntrip Kitabisa. Seperti kata pepatah, “tak kenal, maka tak sayang” sesi perkenalan dilakukan terlebih dahulu untuk mengawali kegiatan. Setelah sesi perkenalan selesai, adik-adik panti asuhan dan tim panitia membuat lingkaran besar untuk melakukan sesi ice breaking, yaitu dengan bermain ampar-ampar pisang dan cingciripit. Dari sesi ice breaking ini saja sudah terlihat antusiasme dari adik-adik Panti Asuhan Hairun Nissa. 

 

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

   Sesi ice breaking berakhir, ini menunjukan bahwa kegiatan akan lanjut ke permainan inti yang terbagi dalam berbagai pos. Oleh karena itu, panitia membagi para peserta menjadi enam kelompok yang terdiri dari adik-adik panti asuhan dan kakak pendamping. Sistem bermain pada kegiatan kemarin dibagi menjadi dua termin, yang mana tiap termin terdiri dari tiga pos permainan. Tiap pos akan berisi dua kelompok yang akan berlomba untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Semua kelompok akan mengumpulkan poin dari semua pos yang mereka kunjungi. Meskipun demikian, semua kelompok nantinya akan mendapatkan hadiah sesuai dengan urutan poinnya masing-masing. Pos-pos permainan yang ada pada kegiatan kemarin yaitu menyusun puzzle, kuda bisik, Montessori perlenglapan yang dibutuhkan suatu profesi, ular tangga dan tebak profesi, eat bulaga/ tebak kata profesi, dan telepathy move.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

   Eitss tak hanya sekadar bermain saja nih sobat, semua kelompok yang masuk ke pos-pos harus menjawab pertanyaan kuis terlebih dahulu. Pertanyaan kuisnya bertema seputar bahasa inggris, pahlawan nasional, profesi, dan juga permainan tradisional. Antusiasme adik-adik Panti Asuhan Hairun Nissa dapat terlihat dalam menjawab pertanyaan, bahkan ada yang sudah menjawab pertanyaan duluan sebelum dipersilahkan menjawab. Di akhir permainan, semua adik dan kakaknya berkumpul kembali di ruang tengah untuk mengadakan penampilan yel-yel perkelompok. Mereka menampilkan yel-yel dengan penuh semangat, sehingga gelak tawa dan senyum semringah menghiasi kegiatan ini.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

   Terdapat momen yang menarik ketika para adik-adik sedang bermain puzzle. Salah satu adik di sana yang bernama Babang merasa senang sekali sehingga turut serta membantu salah satu kakak TGR menyusun kembali puzzle. Selain itu, Kak Litha, Kak Larasa dan Kak Widya ikut memberikan kesan dan pesannya. Kak Laras dan Kak Widya selaku kakak Voluntrip Kitabisa yang baru pertama kali ikut kegiatan ini merasakan kehangatan dari kegiatan ini, bahkan bagi mereka hal ini sangat menyenangkan. Bahkan bagi mereka, kegiatan ini menjadi salah satu cara baru untuk memberikan donasi sembari berbagi kebahagiaan dengan para adik di panti asuhan. Sedangkan Kak Litha yang sudah enam kali mengikuti kegiatan, ini tidak hentinya merasakan kebahagiaan. 

 

  Jam berhenti pada pukul 12.30 WIB, hal ini menunjukan bahwa sudah sampai di penghujung acara. Ditutup dengan pembagian donasi sajadah, sembako, permainan tradisional, makan siang, dan snack. Nah, kira-kira begitu keseruan yang terjadi di kegiatan kemarin. Siapa nih yang nunggu keseruan lain lagi dari tim TGR? Tunggu keseruan berikutnya ya Sobat TGR. Lupakan Gadget-mu, Ayo Main di Luar! (ACN/ed. HRV)

Tgr Event Panti Asuhan Hairun Nissa Traditional Games Returns
Komentari Tulisan