Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Mengembalikan Keindahan Permainan Ayunan Jantra dari Bali

Sabtu, 30 Maret 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 75 Kali

  Halo sobat TGR! gimana puasanya? masih lancar kan? Kali ini, kita bakal mengajak teman-teman untuk menjelajahi keindahan permainan ayunan Jantra dari pulau Dewata, Bali. Ayunan Jantra adalah salah satu permainan tradisional yang memiliki akar dalam budaya Bali yang kaya. Jantra sendiri adalah istilah dalam bahasa Bali yang merujuk pada ayunan, yang secara harfiah menggambarkan gerakan bergelombang yang membawa kedamaian dan kegembiraan.

 

  Permainan ini bukan sekedar aktivitas rekreasi semata, tetapi juga memiliki makna mendalam dalam kehidupan masyarakat Bali. Ayunan Jantra sering kali digunakan dalam upacara adat atau ritual keagamaan, seperti dalam prosesi Melasti, Nyepi, atau acara-acara perayaan lainnya. Ayunan Jantra dianggap sebagai simbol kesucian dan keseimbangan, serta mencerminkan harmoni antara manusia dengan alam dan roh spiritual.

 

Gambar Ayunan Jantra

Sumber : https://kolomdesa.com/2023/03/06/tradisi-ayunan-jantra-simbol-poros-kehidupan-manusia/

 

Mengapa Ayunan Jantra begitu memikat?

  Keunikan Ayunan Jantra tidak hanya terletak pada bentuk fisiknya, tetapi juga pada pengalaman yang disajikan. Ayunan tersebut sering kali dibuat dengan menggunakan tali yang diikatkan pada batang pohon atau tiang yang tinggi. Pengayunan dengan pemandangan alam Bali yang memukau menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi siapapun yang mencobanya. Sensasi bebas melayang di udara, diiringi dengan suara angin yang berdesir lembut dan panorama alam yang mempesona, menciptakan momen magis yang sulit dilupakan. Selain itu, interaksi antara pengayuh dan ayunan menciptakan ikatan sosial yang kuat, memperkaya hubungan antar pribadi dan memupuk rasa kebersamaan.

 

 Bermain Ayunan Jantra tidak memerlukan keahlian khusus, namun membutuhkan ketenangan dan keberanian untuk merasakan sensasi mengasyikkan yang ditawarkannya. Langkah pertama adalah menaiki ayunan dengan hati-hati, mengamati gerakan perlahan yang semakin intens seiring dengan gesekan tali yang diayunkan. Ketika mencapai puncak tinggi, rasakan momen bebas melayang di atas dunia, menyatu dengan keindahan alam Bali di sekitar kita.

 

  Nah sobat TGR, sekarang sudah tau kan apa itu ayunan jantra? Yuk mainkan permainan tradisional untuk melestarikan kebudayaan dan pengalaman berharga ke anak cucu kita! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main Di luar! (TU/ed.RN)

Untuk Sobat TGR yang ingin berkolaborasi dengan kami, boleh banget nih mulai dari menjadi pengisi acara, tenant, hingga narasumber. Cukup klik tautan di sini ya Sobat.

 

 

Permainan Traditional Ayunan Ayunan Jantra Bali
Komentari Tulisan