Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Egrang Sebagai Alat Bertahan Hidup Suku Banna di Ethiopia

Selasa, 26 Maret 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 70 Kali

  Halo Sobat TGR! Tahukah kalian bahwa ternyata Egrang tidak hanya ada di Indonesia saja lho. Ternyata, pada salah satu negara yang terletak di Benua Afrika yaitu Ethiopia, engrang berfungsi sebagai alat untuk bertahan hidup bagi masyarakat lokal khususnya suku Banna. Suku Banna yang tinggal di barat daya Ethiopia, khususnya di Lembah Omo Bawah yang terletak di antara Sungai Omo dan Weyto.

 

   Engrang sendiri bagi masyarakat suku Banna tidak hanya sekedar permainan tradisional, engrang lebih dari itu! Suku Banna sebagai suku yang bertahan hidup dengan cara berternak, mereka memanfaatkan engrang yang tingginya sekitar dua hingga tiga meter untuk menghindari serangan binatang buas. Untuk mengendalikan engrang sebesar itu tidak lah mudah sobat TGR, perlu menguasai keseimbangan, ketangkasan, dan kekuatan fisik yang memadai. Sehingga kebiasaan untuk menggunakan engrang yang pada awalnya untuk menghindari serangan binatang buas, lambat laun penggunaan engrang ini melekat pada kehidupan sosial-budaya masyarakat suku Banna. 

 

  Kemelekatan engrang dalam kehidupan sosial-budaya masyarakat suku Banna sendiri bahkan menjadi salah satu bentuk ritual wajib, yaitu ritual kedewasaan. Bagi pemuda yang menguasai engrang dapat ditasbihkan menjadi pria dewasa yang siap bertanggung jawab, berpikiran mandiri, berkemauan keras, serta memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk menjalani hidup.

 

 Penggunaan egrang juga dipertunjukkan untuk membantu melestarikan budaya, menumbuhkan rasa bangga terhadap sejarah, dan identitas di kalangan suku Banna sebab penggunaan egrang pada suku Banna memiliki tanda kebesaran tradisional yang khas serta berhasil menarik perhatian banyak orang sebab tidak hanya digunakan untuk bertahan hidup, egrang juga telah berhasil masuk dan menjadi bagian dari sendi-sendi kehidupan sehari-hari bagi masyarakat di suku Banna.  

 

Kita sebagai masyarakat Indonesia tentunya juga tidak boleh kalah dalam melestarikan egrang sebagai warisan dari budaya yang telah diwariskan sejak zaman dahulu. Untuk itu, Yuk, Sobat TGR semua, Lupakan Gadgetmu, Ayo Main Di Luar! (PAZ/ed.HRV).

Referensi:

Further Africa. (2023). Meet Ethiopia’s Stilt Walking Tribe. https://furtherafrica.com/2023/07/23/meet-ethiopias-stilt-walking-tribe/. Diakses  25 Maret 2024.

Traditional Games Returns Permainan Tradisional Engrang
Komentari Tulisan