Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Menyapa Adik Binaan Rumah Hati Suci melalui Permainan Tradisional

Minggu, 12 Mei 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 243 Kali

Jakarta Pusat, 05 Mei 2024 - Halo Sobat TGR! Dalam rangka berbagi keceriaan, kami, Tim TGR dan Voluntrip by Kita Bisa, berkesempatan untuk bermain permainan tradisional bersama adik-adik di salah satu panti asuhan Kristen dan Katolik, khusus anak-anak putri dengan tajuk “Sunday Mission dan Bermain Permainan Tradisional bersama Adik Binaan Rumah Hati Suci”. Kami menggelar kegiatan tersebut mulai pukul 11.00 - 15.00 WIB. Dengan delapan perwakilan tim TGR dan enam belas perwakilan tim Voluntrip by Kita Bisa. Yuk, ikuti rangkaian keseruan kami!

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

Mulanya, tim TGR dan Voluntrip by Kita Bisa lebih dulu mengemasi beberapa hadiah untuk kegiatan fun mission. Berikutnya, kami memulai opening tersebut dengan perkenalan, makan siang bersama, dan kuis berhadiah ular tangga mini. Tak lupa disambung ice breaking yang dipimpin oleh Kak Nina. Sobat TGR, ada yang seru, lho, dari sesi ice breaking kali ini. Diawali dengan pembagian kelompok. Masing-masing anggota kelompok diharuskan untuk mengikuti beberapa gerakan yang diarahkan oleh Kak Nina. Semisal, Kak Nina, menyebut kata ‘ojek’, maka mereka harus mencari pasangan 2 orang. Kemudian jika kata ‘es campur’ yang diucapkan, mereka harus berpencar ke tempat yang lain dan seterusnya. Sobat TGR, sesi ice breaking ini bertujuan dalam memperkuat bonding antara adik-adik binaan dan kakak-kakak relawan, lho.

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi bermain, terdapat enam pos yang nantinya akan dikunjungi oleh adik-adik. Enam pos itu terdiri dari beberapa permainan tradisional yang menyenangkan di antaranya keprayan, estafet kelereng dengan sendok, egrang batok dan kuda bisik, estafet sarung dan cone ring, stacking games serta balap karung. Adik-adik binaan sangat antusias dari awal hingga akhir permainan. Tak hanya itu, kerja sama timnya juga berlangsung dengan sangat baik. Hal inilah yang menjadi kunci dari suksesnya permainan mereka. Yuk, sama-sama tiru kebiasaan yang baik ini, Sobat!

“Anak-anaknya sangat antusias. Kayaknya mulai dari umur TK atau PAUD sampai kuliah. Beragam anak-anaknya, beragam pula pendekatannya,” ujar Kak Nina dalam keterangannya. Cerita menarik yang lain, ialah aturan yang ditetapkan oleh pihak panti mengenai penggunaan gadget. Anak-anak tersebut dididik tanpa penggunaan gadget. Mereka dibesarkan dengan banyak pembekalan mengenai pekerjaan domestik. Dengan harapan guna membentuk karakter mandiri dalam dirinya kelak.

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

Rangkaian kegiatan ini ditutup oleh pembagian donasi untuk pihak panti yang terdiri dari paket sembako, peralatan kebersihan, alat-alat tulis, beberapa buah bohlam, serta perlengkapan bermain permainan tradisional. Berikutnya, pembagian alat-alat mewarnai, buku gambar, dan cat air untuk adik-adik binaan. Terakhir, kami tak lupa untuk melangsungkan sesi dokumentasi bersama. Terima kasih, Rumah Hati Suci. Nanti kita jumpa lagi! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (LB/ed.RK)

 

Untuk Sobat TGR yang ingin berkolaborasi dengan kami, mulai dari menjadi pengisi acara, tenant, hingga narasumber, boleh banget nih. Cukup klik tautan di sini ya Sobat

Komentari Tulisan