Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Mengenal Olahraga Sumpitan, Salah Satu Kearifan Lokal Bangsa

Senin, 20 Mei 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 277 Kali

Halo, Sobat TGR!

  Pernah dengar, melihat, atau memainkan langsung olahraga sumpitan? Alat dalam olahraga sumpitan yaitu galah yang biasanya memiliki panjang antara 150 sentimeter hingga 175 sentimeter. 

  Berdasarkan sejarah sebelum menjadi olahraga, sumpitan merupakan senjata tradisional andalan dari suku Dayak selama puluhan tahun. Mereka menggunakan sumpitan untuk berburu di dalam hutan dan terkadang untuk taktis pertempuran. 

  Sumpitan menjadi salah satu senjata yang ditakuti musuh karena mampu membidik sasaran yang cukup jauh dengan anak sumpit meluncur cepat tanpa suara sehingga dapat melumpuhkan target dalam hitungan detik.

 

Sumpitan: Dari Senjata Menjadi Olahraga

  Olahraga sumpitan memiliki nama lain dalam penyebutannya seperti seput, semput, seleput, sumpit, dan basusumpitan. Untuk melakukan olahraga sumpitan diperlukan keahlian dalam meniup anak sumpitan di dalam galah agar anak sumpit bisa meluncur mengenai sasaran yang telah ditentukan.

  Sumpitan sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan. Lalu, berkembang hingga kini menjadi sebuah permainan dan banyak dimainkan oleh anak-anak desa karena akses mencari bahannya yang lebih mudah. 

 

Sumpitan sebagai senjata

(Sumber: https://travel.kompas.com/read/2021/09/09/103921327/sumpitan-senjata-beracun-yang-kini-jadi-alat-olahraga-tradisional?page=all)

 

  Terdapat beberapa perbedaan material yang digunakan pada sumpitan sebagai senjata dan olahraga. Sebagai olahraga atau permainan, sumpitan biasanya menggunakan bambu. Sedangkan sebagai senjata, material yang digunakan adalah kayu besi. 

  Anak sumpit (damek) untuk olahraga sumpitan terbuat dari tanah liat. Sementara pada sumpitan sebagai senjata, damek atau pelurunya menggunakan benda tajam yang dibaluri racun. Biasanya menggunakan racun ikan buntal. Sebagai olahraga sumpitan dapat dilakukan di tanah lapang.

  Olahraga sumpitan biasanya dilakukan di lapangan atau lahan terbuka dan dimankan secara kelompok atau regu, namun juga bisa dilakukan secara perorangan. Jika berkelompok atau beregu, dibutuhkan minimal dua orang atau lebih.

  Adapun jarak yang digunakan dalam olahraga sumpitan diantaranya 15 meter, 25 meter, dan 35 meter untuk putra. Sedangkan untuk putri 10 meter, 15 meter, dan 25 meter. Poin dihitung berdasarkan banyaknya anak sumpit yang mengenai sasaran. Banyaknya anak sumpit yang digunakan dalam satu seri adalah lima buah. 

Ilustrasi sumpitan sebagai cabang olahraga pada Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas) VIII Tahun 2021

(Sumber : https://prokalteng.jawapos.com/prosport/sport/22/10/2021/cabor-sumpitan-portina-kalteng-ke-semifinal/)

 

 Olahraga sumpitan dapat dimainkan oleh siapa saja, tidak terbatas pada lingkungan masyarakat tertentu. Pada dasarnya, olahraga ini merupakan sarana hiburan yang dapat dimainkan tanpa perlu adanya latihan khusus namun, memainkan olahraga ini dapat melatih keterampilan dalam membidik sasaran sehingga menjadi lebih fokus.

  Olahraga sumpitan juga merupakan kearifan lokal yang patut untuk dilestarikan sebagai budaya bangsa.  Bagaimana, Sobat TGR? Mau coba bermain sumpitan atau bahkan ikut berbagai ajang kejuaraan sumpitan? Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (FAU/ed.SEP dan HRV).

Bagi Sobat TGR yang tertarik untuk bekerja sama dengan kami, mulai dari menjadi pengisi acara, tenant, hingga narasumber, bisa klik tautan di sini ya, Sobat.

 

Referensi:  

Kemenpora.go.id (2023). Menarik! Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, Kemenpora Gelar Olahraga Tradisional Sumpitan. Diakses pada 15 Mei 2024 dari

https://www.kemenpora.go.id/detail/4058/menarik-meriahkan-hut-ke-78-kemerdekaan-ri-tahun-2023-kemenpora-gelar-olahraga-tradisional-sumpitan#:~:text=Olahraga%20sumpitan%20merupakan%20salah%20satu,tradisional%20yang%20mengangkat%20kearifan%20lokal.

 

Primus, Josephus. (2022). Olahraga Sumpitan Riwayat Angkat Kearifan Lokal. Diakses pada 15 Mei 2024 dari

https://www.kompas.com/stori/read/2022/12/26/150000179/olahraga-sumpitan-riwayat-angkat-kearifan-lokal

 

Wikisource (2022). Permainan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan/Basusumpitan. Diakses pada 15 Mei 2024 dari

https://id.wikisource.org/wiki/Permainan_Rakyat_Daerah_Kalimantan_Selatan/Basusumpitan

 

Panjaitan, Rahel Pebrini. Mengenal Sumpitan, Senjata Beracun Andalan Suku Dayak. Diakses pada 15 Mei 2024 dari

https://travel.okezone.com/read/2023/08/09/406/2861203/mengenal-sumpitan-senjata-beracun-andalan-suku-dayak 

 

Traditional Games Returns Sumpitan Permainan Tradisional Olagraga Sumpitan
Komentari Tulisan