Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Berkreasi Membuat Gantungan Kunci Bersama Adik-Adik Panti Asuhan Daarul Rahman

Senin, 03 Juni 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 58 Kali

Jakarta, 1 Juni 2024 - Membuka bulan Juni tahun ini, TGR Community kembali mengadakan kegiatan bersama Voluntrip KitaBisa.com yang berlokasi di Yayasan Panti Asuhan Yatim Daarul Rahman yang terletak di daerah Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu ini masih sebagai bentuk kerja sama TGR sebagai mitra dari Voluntrip KitaBisa.com dalam membantu penyaluran donasi kepada masyarakat.

Tujuan kegiatan kali ini yaitu berbagi keceriaan dan membantu menyalurkan rezeki dengan adik-adik binaan di Yayasan Daarul Rahman. Uniknya, kegiatan ini turut menggandeng seorang influencer bernama Mutiara Adiguna, atau yang lebih dikenal dengan julukan Jinju.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Para peserta kegiatan hari ini adalah adik-adik binaan Yayasan Daarul Rahman yang berjumlah 30 anak dengan usia rata-rata di jenjang sekolah dasar. Adapun pemandu tim TGR 8 orang dan 15 orang dari tim Voluntrip. Rangkaian kegiatan dimulai dengan briefing bersama kakak-kakak pembimbing Voluntrip. Kemudian, sekitar pukul 09.00 WIB pemandu acara membuka kegiatan dengan ice breaking dan pembagian kelompok.

Setiap kelompok diberikan instruksi agar membuat dan menampilkan yel-yel. Sesudah semua kelompok menampilkan yel-yel, para peserta duduk kembali sesuai kelompok dan membuat kreasi gooka set. Sambil menunggu kering, ada sesi snack time dan kuis berhadiah. Setiap peserta diberikan satu kotak kue dan susu.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Sebagai selingan sesi, terdapat kuis berhadiah yang berisi pertanyaan cerdas cermat. Kuis ini bertujuan mengingat kembali nama-nama permainan tradisional dan seputar Pancasila, sehingga adik-adik juga dapat mengingat bahkan menambah pengetahuannya. Beberapa peserta kegiatan yang berani dan mampu menjawab dengan benar mendapatkan hadiah berupa set permainan congklak dengan total hadiah ada lima set.

Usai sesi kuis, semua peserta diarahkan bermain permainan tradisional. Permainan tradisional terbagi ke dalam lima pos, setiap pos menyediakan permainan yang berbeda-beda. Setiap kelompok akan bergantian bermain di masing-masing pos, diawali dengan pos yang sesuai dengan nomor kelompok dan berpindah ke pos selanjutnya setiap terdengar sirine. Adapun permainannya adalah keprayan, congklak, gasing, bulldozer, estafet sarung, jejak, dampu bulan, dan ular tangga raksasa. Selama kegiatan berlangsung, adik-adik peserta di setiap kelompok sangat bersemangat dan ceria sembari membangun kekompakan.

  

 

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Kegiatan berlangsung dengan seru dan meriah, sebab tampak para peserta yang amat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Terlebih lagi, Kak Jinju yang hadir juga berbaur dengan adik-adik dan kakak lainnya. Kehadiran influencer tersebut pun memberikan kesan tersendiri bagi seluruh peserta.

Tidak terasa, menjelang tengah hari rangkaian kegiatan pun memasuki ke acara terakhir yaitu foto bersama dan pemberian donasi untuk adik-adik binaan juga pengurus panti. Donasi tersebut berupa sembako, sepatu sekolah, alat mandi untuk masing-masing adik binaan dan dana operasional kepada pengurus panti. Pastinya, Tim TGR pun memberikan paket alat kebersihan dan permainan tradisional. Adik-adik binaan pun tampak senang dengan donasi tersebut.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Momen paling berkesan saat mengadakan kegiatan hari ini adalah saat kaka-kakak pemandu Voluntrip, termasuk Kak Jinju, harus berpisah di akhir acara. Suasana haru menyelimuti penghujung acara tersebut, sebab kegiatan ini bagi mereka sangat positif. Harapannya, semoga dapat terus dilanjutkan, sebab membuat anak-anak senang adalah salah satu keberkahan, dan bantuan-bantuan yang diberikan pun sangat bermanfaat karena sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Kegiatan pun diakhiri sekitar pukul 12.00 WIB. Lupakan Gadget-mu, Ayo Main di Luar! (SF)

Bagi Sobat TGR yang tertarik untuk bekerja sama dengan kami, mulai dari menjadi pengisi acara, tenant, hingga narasumber, bisa klik tautan di sini ya, Sobat!

Tgr Event Voluntrip Jinju Yayasan Panti Asuhan Daarul Rahman
Komentari Tulisan