Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Eksplorasi hingga Edukasi Bersama Adik-Adik PYI Duren Sawit di Rumah Perubahan Jakarta Escape

Senin, 10 Juni 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 62 Kali

  Jakarta, 8 Juni 2024 – Sobat TGR, ada yang unik, lho, dari edisi kami kali ini. Jika sebelumnya, rangkaian kegiatan kami berfokus pada banyak permainan tradisional, tapi pada kesempatan kali ini Sobat TGR akan diajak lebih jauh untuk mengenali alam sekitar melalui wisata hutan bambu, kreasi tempe, Treasure Hunt, dan lain-lain. Berkolaborasi dengan Voluntrip By Kita Bisa, Traditional Games Returns menerima kesempatan untuk bermain dan belajar bersama adik-adik PYI Duren Sawit di Rumah Perubahan Jakarta Escape. Yuk, intip keseruannya!

  Acara dimulai dari pukul 09.00 hingga 13.00 WIB dengan 25 anak, enam orang tim TGR, 21 anggota Voluntrip, dua perwakilan dari Kita Bisa dan dua pengurus PYI Duren Sawit. Ice breaking dimulai dengan permainan cingciripit. Berikutnya, Kak Nabil menginformasikan semua anggota untuk membentuk lima kelompok kecil yang terdiri dari tiga sampai empat kakak pendamping dengan lima orang anak. Disusul oleh pembagian name tag guna memudahkan mereka agar saling mengenal satu sama lain.

 Kelompok kecil tersebut akan dicampur kembali menjadi tiga kelompok besar. Nah, pembagian kelompok ini bertujuan untuk menyamakan waktu bermain para peserta sesuai dengan rundown kegiatannya, ya. 

  Sobat TGR, mengingat, kegiatan kali ini berjalan dengan sistem shifting, untuk itu aktivitas yang dilakukan anak-anak pun beragam. Ada yang lebih dulu membuat tempe, misalnya. Adapun yang mengawali kegiatannya dengan Treasure Hunt, dan lain-lain. “Alhamdulillah, mereka semua antusias dari agenda pertama yang mereka jalani sampai agenda akhir, tuh, kayak nggak surut-surut semangatnya,” ujar Kak Hamida saat diwawancarai.

(Dokumentasi TGR Community x Voluntrip, 2024)

  Sesi Wisata Hutan Bambu merupakan sesi yang cukup menarik karena, anak-anak diajak untuk melihat beraneka jenis hewan serta memberinya pakan. Sobat TGR, sadar tidak? Jika kegiatan ini memiliki dampak yang baik untuk adik-adik, khususnya dalam menanamkan simpati dan empati terhadap sesamanya.

  Tentunya, hal tersebut berguna untuk memunculkan rasa tanggung jawabnya sedari dini. Lain halnya keseruan pada sesi Treasure Hunt, di mana adik-adik bertugas untuk mencari bunga sesuai dengan flashcard yang mereka terima. Kekompakan tim pun benar-benar dilatih di sini. Tak hanya itu, Sobat TGR, sesi pembuatan tempe juga mengajarkan mereka untuk senantiasa bersabar dan menikmati segala bentuk proses. Kegiatan yang tidak kalah hebohnya, tentu saja ada pada sesi melukis tote bag, piknik, dan beberapa games lain.

(Dokumentasi TGR Community x Voluntrip, 2024)

  Menjelang akhir acara, semuanya diminta berkumpul untuk sesi foto bersama. Disambung dengan makan siang. Sobat TGR, banyak, lho, nilai yang dapat kita petik dari kegiatan kali ini. Mulai dari menghargai proses, memupuk simpati dan empati terhadap sesama, hingga menjunjung tinggi kekompakan dalam tim. Nah, Sobat TGR, menurut kalian hikmah yang bisa diambil dari cerita ini  apa saja, sih? Selain tiga nilai itu?. Lupakan Gadget-mu, Ayo Main di Luar! (LB/ed. HRV)

 

  Bagi Sobat TGR yang tertarik untuk bekerja sama dengan kami, mulai dari menjadi pengisi acara, tenant, hingga narasumber, bisa klik tautan di sini ya, sobat.

 

Traditional Games Returns Tgr Event Pyi Duren Sawit Rumah Perubahan Jakarta Escape
Komentari Tulisan