Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Manfaat Permainan Congklak

Rabu, 16 Oktober 2019 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 304 Kali

Hai Sobat TGR!

Sobat TGR pasti sudah tidak asing dengan congklak. Permainan congklak sangat terkenal bahkan dulu, jika berkunjung ke rumah saudara atau ke rumah teman, congklak selalu tersedia di rumah untuk dimainkan bersama. Selain menyenangkan, ternyata juga ada beberapa manfaat lain dari congklak lho! Mau tahu apa saja? Yuk simak!

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

  1. Mengasah kemampuan berhitung

Apakah Sobat TGR ingat, ada berapa lubang yang ada di papan permainan congklak? Atau, berapa biji yang harus dimasukan ke dalam lubang-lubang tersebut? Nah, permainan congklak membutuhkan kemampuan berhitung yang cukup. Menurut Siregar, Sofitri, dan Roza (2014) congklak dapat digunakan dalam pembelajaran matematika untuk mengenalkan konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, bahkan pembagian bilangan. Seluruh operasi bilangan tersebut sangat penting dalam permainan congklak, sehingga jika Sobat TGR sering memainkan congklak, kemampuan berhitung juga ikut terasah.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2017)

 

  1. Mengasah kemampuan analisa

Untuk menang dalam permainan congklak, Sobat TGR harus tahu biji dari lubang mana yang harus diambil. Salah mengambil langkah atau kurang berpikir panjang bisa membuat kita kalah dalam permainan. Sebaliknya, analisis yang baik dapat dapat mendekatkan Sobat TGR meraih kemenangan. Jadi, selain mengasah kemampuan berhitung, permainan congklak juga dapat mengasah kemampuan analisis. Dengan memainkan congklak, Sobat TGR dapat belajar untuk mempertimbangkan dan memilih langkah yang tepat.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2018)

 

  1. Mengasah kemampuan interaksi

Dikarenakan permainan congklak tidak dapat dilakukan sendiri, Sobat TGR harus mencari lawan yang mau diajak bermain. Sambil bermain, Sobat TGR dapat mengobrol tentang hal-hal yang lain, berbagi kudapan atau bercanda bersama. Kalah atau menang bukan masalah, yang terpenting ialah sama-sama sportif. Inilah yang diajarkan dari permainan congklak, kemampuan interaksi juga sportifitas dari kedua belah pihak. Siapa tahu, dengan main congklak bersama, Sobat TGR malah bisa mendapat teman baru.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

Nah, permainan congklak bisa menjadi cara untuk bermain sambil belajar. Di sisi lain, dengan memainkan congklak, teman-teman juga turut berkontribusi terhadap kelestarian budaya bangsa lho! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo bermain congklak bersama! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (Jsk/ed.SF)

Sobat TGR juga bisa mendapatkan mainan congklak di TGR Store lho!

 

Daftar Pustaka

Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2014). Pengenalan konsep operasi hitung bilangan melalui permainan congklak dalam pembelajaran matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam2(1), 119-128.

Permainan Tradisional Congklak
Komentari Tulisan