Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Mengenal Permainan Tradisional: Egrang Batok

Kamis, 02 Januari 2020 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 45 Kali

Hai Sobat TGR!

Apakah kalian pernah mendengar tentang permainan tradisional egrang batok? Atau kapan terakhir kali teman-teman melihat permainan egrang batok dimainkan? Nah bagi teman-teman yang belum tahu, di Indonesia permainan egrang terdiri atas dua jenis, permainan egrang bambu dan permainan egrang batok. Permainan egrang bambu adalah permainan egrang yang menggunakan bambu dan sangat populer. Namun, meskipun permainan egrang bambu sangat dikenal, kurang banyak yang tahu tentang egrang batok.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2018)

 

Egrang batok adalah permainan egrang yang menggunakan tempurung kelapa atau bambu sebagai pijakan dan diberi tali pengait untuk mengangkat kaki yang dipijakkan (Hikmah, 2011). Jadi, ketika teman-teman memainkan egrang batok, teman-teman akan berjalan dengan tempurung tersebut dan digunakan sebagai pijakan. Selain itu, teman-teman juga harus menggunakan kedua tangan untuk memegang masing-masing tali pengait, jadi tempurung yang dipijak tidak bergeser. Permainan egrang batok biasanya dijadikan ajang kompetisi berupa balapan dan pemenangnya ialah yang akan sampai terlebih dulua di garis finish sembari berjalan dengan tempurung di telapak kaki.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

Selain mudah dibuat, menyenangkan dan memacu adrenalin, permainan egrang batok juga memberikan banyak manfaat baik lho. Contohnya, menurut Rahim (2015), permainan egrang batok dapat meningkatkan keseimbangan fisik pada anak di usia empat hingga enam tahun. Kemudian, menurut Lestari (2016) permainan egrang batok juga dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik. Jadi dengan memainkan permainan egrang batok, teman-teman turut melatih koordinasi tubuh dan tentunya dengan menggerakkan badan, tubuh pun jadi lebih sehat.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

Dengan memainkan egrang batok, Sobat TGR sudah berkontribusi untuk mengingatkan orang-orang mengenai permainan ini lho! Sobat juga bisa mengajak teman yang lain untuk ikut main dan tentunya, dengan semakin banyak orang yang ikut bermain, permainan akan menjadi lebih seru. Jadi tunggu apa lagi? Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! 

Mainan tradisional di atas bisa didapatkan di TGR Store lho! (Jsk/ed.SF)

 

Referensi:

Hikmah, M. A. (2011). Perancangan game tradisional jawa egrang bambu. SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain-Fakultas Sastra UM.

Lestari, D. (2016). Pengembangan kecerdasan kinestetik anak melalui permainan tradisional egrang tempurung kelapa di paud madani gampong ateuk jawo kecamatan baiturrahman banda aceh. ETD Unsyiah.

Rahim, A. F. (2015). Pengaruh permainan tradisional egrang tempurung kelapa terhadap keseimbangan anak usia dini 4–6 tahun (Doctoral dissertation). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah.

Permainan Tradisional Egrang Bathok
Komentari Tulisan