Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Mengenal Permainan Petak Umpet Kata

Sabtu, 09 Mei 2020 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 555 Kali

Hai Ayah dan Bunda!

Permainan petak umpet merupakan permainan tradisional yang sangat sering dimainkan di masa kecil. Jika beberapa waktu lalu kita telah mengetahui manfaat petak umpet, kali ini kita akan membahas salah satu jenis petak umpet yang sangat edukatif. Apakah Ayah dan Bunda pernah mendengar permainan petak umpet kata?

Apa itu permainan petak umpet kata?

Permainan petak umpet kata pada dasarnya adalah permainan petak umpet yang lebih banyak melibatkan kosa kata. Permainan petak umpet pada umumnya dimainkan dengan melibatkan satu orang anak yang cara mencari lawan-lawannya yang bersembunyi. Namun, pada permainan petak umpet kata, permainan petak umpet dengan tujuan untuk mencari kartu huruf yang disembunyikan.

(Dokumentasi Amini via Journal UNY, diakses 8 Mei 2020)

 

Permainan petak umpet kata juga dapat dilakukan dengan mencari kata-kata yang tersebar di lingkungan sekitar maupun kamus. Kata-kata yang menjadi objek permainan dapat berupa bahasa Inggris, bahasa Indonesia, maupun bahasa yang lain.

Apa manfaat dari permainan petak umpet kata?

Menurut Agustin, Jaya dan Surahman (2016), permainan petak umpet kata dapat meningkatkan perkembangan keaksaraan. Dalam penelitian yang dilakukan di Taman kanak-kanak, anak mengalami peningkatan kemampuan keaksaraan sesudah melakukan kegiatan petak umpet kata.

(Dokumentasi Kompas.com, diakses 8 Mei 2020)

 

Selain itu dengan melakukan permainan petak umpet kata, anak akan mendapat pengalaman lebih dalam bereksplorasi dan membangun pengetahuannya. Caranya dengan menyembunyikan kartu huruf di sekitar ruangan atau pekarangan, kemudian menginstruksikan anak untuk mencarinya. Kesimpulannya, permainan petak umpet kata dapat mengembangkan perkembangan keaksaraan pada anak, sekaligus memberikan edukasi pada anak untuk mengeksplorasi pengetahuan tentang lingkungan dan sosialnya.

Nah, sekarang Ayah dan Bunda sudah paham kan apa manfaat dari permainan petak umpet kata? Jadi tunggu apa lagi? Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!  (Jsk/ed.SF)

 

Referensi

Agustin, N., Jaya, M. T., & Surahman, M. (2016). Aktivitas Permainan Petak Umpet Kata Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).

Anonim. (2017). Artikel daring uny.ac.id. TINGKATKAN PERILAKU BAIK PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR: https://www.uny.ac.id/berita/tingkatkan-perilaku-baik-pada-anak-usia-sekolah-dasar-dengan-media-kartu-kata-bergambar, diakses 8 Mei 2020.

Amini. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN RESEPTIF ANAK MELALUI PERMAINAN POLA SUKU KATA di TAMAN KANAK- KANAK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 5, Edisi 1, Juni 2016; diakses 8 Mei 2020.

Harususilo, Yohanes Enggar. (2018). Kompas. Kisah Inspiratif 2 Guru Membantu Anak Lamban Membaca di Perbatasan: https://edukasi.kompas.com/read/2018/12/08/13370981/kisah-inspiratif-2-guru-membantu-anak-lamban-membaca-di-perbatasan?page=all, diakses 8 Mei 2020.

Tgr Parenting Petak Umpet Kata
Komentari Tulisan