Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Main Permainan Tradisional Sekaligus Olahraga? Yuk Main Egrang!

Jum'at, 17 Mei 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 338 Kali

  Halo Sobat TGR! Tahukah kalian jika egrang merupakan salah satu permainan tradisional yang ada di Indonesia dan masih kerap dimainkan hingga saat ini. Permainan tradisional egrang terbuat dari jangkungan kayu atau bambu berbentuk panjang yang diikat pada potongan bambu besar yang digunakan sebagai penopang. 

Anak-anak Kampung Egrang Jambangan sedang berlatih. 

(Sumber : https://www.detik.com/jatim/berita/d-6983545/kampung-egrang-jambangan-ajak-anak-anak-lestarikan-permainan-tradisional)

 

  Egrang memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Perbedaan nama tersebut menunjukkan kekayaan akan warisan bahasa yang ada di Indonesia. Di Jawa Barat egrang disebut sebagai jajangkungan (tinggi-tinggian), jangkungan di Jawa Tengah, marjalengkat di Sumatra Utara, tengkak-tengkak di Sumatera Barat, ingkau di Bengkulu, dan di wilayah asalnya yaitu Lampung, egrang dikenal sebagai terompah pancung

 

  Permainan tradisional yang terbuat dari bambu ini membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik ketika hendak dimainkan, sehingga para pemain dapat melatih keterampilan motorik tubuh dengan menyeimbangkan tubuh selama mencoba permainan tradisional egrang. Selain membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik, diperlukan juga keberanian untuk mencoba permainan yang satu ini. 

 

  Dengan keberanian untuk mencoba egrang tersebut, para pemain juga dapat mengontrol dan menjaga keseimbangan tubuhnya dengan baik. Egrang membuat otot tungkai, kaki, abdomen, lengan, dan tangan digerakkan secara bersama-sama. Pergerakan tersebut membuat kekuatan otot dari para pemain egrang semakin terlatih. 

 

  Sobat TGR gak perlu bingung, berikut cara untuk memainkan egrang:

  1. Siapkan egrang yang terbuat dari bilah bambu panjang terlebih dahulu. Pastikan egrang memiliki tumpuan yang kokoh agar tingkat kestabilan dan keamanan terjaga selama bermain egrang. Pastikan juga tinggi egrang sesuai dengan pemain yang ingin mencobanya. 
  2. Dirikan egrang dihadapan pemain.
  3. Naikkan kaki satu persatu ke pijakan egrang secara perlahan. Pastikan sebelum naik, tangan memegang egrang dengan kuat menggunakan kedua tangan. 
  4. Pastikan telapak kaki berpijak di tumpuan egrang. Jika menggunakan alas kaki, pastikan alas kaki yang digunakan tidak licin dan aman. Namun, jika ingin mencoba menaiki egrang tanpa alas kaki, pastikan pijakan kaki benar dan tepat di tengah-tengah tumpuan egrang. 
  5. Tidak lupa, jari-jari kaki mencengkram bilah bambu pada egrang untuk menguatkan pijakan dan tumpuan kaki. 
  6. Jika dirasa sudah dalam posisi aman dan nyaman, coba mulai gerakkan egrang ke arah depan secara perlahan dengan satu kaki terlebih dahulu. Pastikan tangan dan kaki menggerakkan egrang secara berbarengan ketika hendak maju ke depan agar tetap menjaga keseimbangan. 
  7. Jika berhasil, gerakkan kaki satunya untuk maju ke depan juga. 
  8. Lakukan gerakan tersebut secara bergantian dengan berulang dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam menjaga keseimbangan ketika memainkan egrang. 
  9. Dan selamat, kamu telah berhasil memainkan egrang!

 

  Nah, mudah sekali kan Sobat TGR? Selain mudah dicoba, egrang juga kerap dijadikan sebagai olahraga yang diperlombakan dan dapat diikuti oleh laki-laki maupun perempuan dalam acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia di setiap tanggal 17 Agustus. Permainan tradisional yang memiliki beragam nama di berbagai daerah ini dapat digelar sebagai perlombaan dan dilakukan di lapangan terbuka.

 

Permainan Egrang

(Sumber: https://jatimnow.com/baca-6105-beradu-ketangkasan-permainan-egrang-di-era-milenial)

  Mula-mula, tentukan peserta lomba, setiap peserta dapat berdiri di garis start yang telah ditentukan, lengkap dengan sepasang egrang yang dipegang menggunakan kedua belah tangan. Setiap peserta yang telah bersiap di belakang garis start menunggu aba-aba dari wasit. Ketika wasit menyebut kata “Bersedia”, setiap peserta lomba sudah memegang egrang. Aba-aba berlanjut ketika wasit menyebut kata “Siap”, setiap peserta kini bersiap dengan posisi satu kaki berpijak di atas tumpuan egrang. Dan pada aba-aba “Ya!”, setiap peserta dapat langsung berdiri di atas egrang dan secara cepat bergerak untuk berlomba hingga sampai di garis finish

  Peserta yang terlebih dahulu sampai ke garis finish dinyatakan sebagai pemenang. Sementara peserta akan dinyatakan gugur apabila kaki menyentuh tanah dan berbuat curang.

  Pelestarian permainan tradisional egrang dalam acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia di setiap tanggal 17 Agustus ini dapat memberikan beragam manfaat baik secara jasmani maupun rohani. Adapun manfaat jasmani yang diperoleh dari permainan egrang adalah melatih keseimbangan dan melatih sistem gerak tubuh. Sementara dari segi rohani, permainan egrang, terutama dalam ajang perlombaan dapat menimbulkan rasa kebersamaan, percaya diri, keuletan, dan sportivitas.

  Tunggu apalagi, Sobat TGR juga dapat mencoba permainan tradisional Egrang dengan mari Lupakan Gadgetmu, Ayo Main Di Luar! (PAZ/ed. HRV).

  Untuk Sobat TGR yang ingin berkolaborasi dengan kami, mulai dari menjadi pengisi acara, tenant, hingga narasumber, boleh banget nih. Cukup klik tautan di sini ya, Sobat!

 

Referensi: 

Firmansyah, Robi.  Permainan Tradisional Egrang di Kota Bandung. Diakses pada 16 Mei 2024 dari https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/7879/9/UNIKOM_Robi%20Firmansyah%20Dalimonte_BAB%20II.pdf 

 

Mamasewa. 7 Cara Bermain Egrang dan Manfaatnya Untuk Si Kecil. Diakses pada 15 Mei 2024 dari https://mamasewa.com/blog/cara-bermain-egrang/ 

 

Traditional Games Returns. (2022). Mengenal Egrang, Si Permainan Tradisional Yang Cukup Menantang. Diakses pada 15 Mei 2024 dari https://tgrcampaign.com/read/349/mengenal-egrang-si-permainan-tradisional-yang-cukup-menantang 

 

RAHIM, A. F. (2015). Pengaruh permainan tradisional egrang tempurung kelapa terhadap keseimbangan anak usia dini 4–6 tahun (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

 

Rismel. (2024). Mengenal dan Melestarikan Budaya: Permainan Tradisional Egrang. Diakses pada 15 Mei 2024 dari https://desatepus.gunungkidulkab.go.id/first/artikel/3954-Mengenal-dan-Melestarikan-Budaya---Permainan-Tradisional-Egrang#:~:text=Egrang%20merupakan%20salah%20satu%20permainan,potongan%20bambu%20besar%20sebagai%20penopang

 

Traditional Games Returns. (2022). Mengenal Egrang, Si Permainan Tradisional Yang Cukup Menantang. Diakses pada 15 Mei 2024 dari https://tgrcampaign.com/read/349/mengenal-egrang-si-permainan-tradisional-yang-cukup-menantang 

 

Traditional Games Returns Permainan Tradisional Egrang Olahraga
Komentari Tulisan